Greeble modelling 3ds Max

Halow, , , whats up. Di tutorial perdana tahun ini, saya membuat tutorial 3DS Max tentang sebuah Plugin untuk Modeling di 3DS Max. Nah, hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah:


Udah kebayang, plugin apa yang saya maksud? Yupz , , plugin tersebut adalah Greeble, sebuah Modeling Tool yang sangat berguna untuk membuat detil pada sebuah geometri. Plugin tersebut buatan kang Max Klanky, dan bersifat gratis gan. Nah, selain modeling, disini juga akan membahas cara membuat material yang meng-Illuminasikan objek disekitarnya menggunakan bantuan Fallof dan Raytrace. Dengan Render standar: Scanline Renderer, hasilnya cukup realistis seperti gambar diatas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pada menu Create > Geometry > Torus lalu drag pointer pada viewport untuk membuat objek Torus pada scene.


2. Pada Panel Properties, atur nilai Radius1=63, Radius2=12, Segment=60 dan Sides=15.



3. Pada panel Modifier > Modifier List > Greeble.



4. Dan . . . bentuk Torus akan menjadi seperti ini. Modifier Greeble ini akan membuat Mesh baru dari Mesh standar pada Geometri. Agan bisa mengatur mesh mana saja yang ingin di Greeble dengan cara menyeleksi Polygon, lalu langsung beri Modifier Greeble. Ok . . . kalo gak ngerti jangan dipikirin gan, lanjut aja ke langkah selanjutnya . . .


5. Pada panel Parameters Greeble, atur nilai Min. Height = 0.2, Max. Height = 1, dan Taper=6.



 6. Sekarang, detilnya menjadi pendek dan gak terlalu liar. Ok, sesi modeling selesai, tinggal mengatur material . . .


7. Tekan tombol M pada keyboard untuk membuka jendela Material Editor. Di Rollout Shader Basics Parameter, ubah Blinn menjadi Multi-Layer. Disini, kita bisa mengatur warna dasar dan warna refleksi lebih jauh lagi.


8. Atur warna Diffuse menjadi Coklat kehitam-hitaman atau coklat tua.



9. Ubah warna pada First Specular Layer menjadi kuning kehijau-hijauan seperti gambar dibawah. Atur level=105 lalu Glossiness=19.


10. Pada Second Specular Layer, ubah warna menjadi putih (kalau sudah putih, ya udah. Jangan di apa2in lagi gan). Atur nilai Level=90 dan Glossiness=79.


11. Scroll panel kebawah, dan buka Rollout Maps. Aktifkan ceklis Reflection dan klik tombol None disebelahnya. Pada jendela baru, pilih Fallof. Saya memiih Fallof supaya nantinya cahaya menyebar ke semua objek, walaupun cahaya hanya mengenai sebagian saja.



12. Di parameter Fallof, klik tombol None pada Side lalu pilih Raytrace.



13. Di parameter Raytrace, pada pilihan Background pilih Pada tombol None lalu klik tombol None tersebut. Di Jenderla Map Browser pilih Bitmap dan silahkan pilih gambar Environment yang anda punya. Saya pakai Lakedusk.jpg seperti gambar dibawah . . .



14. Kembali ke Parameter Fallof dengan menekan tombol Go to Parent, lalu drag material Raytrace ke tombol dibawahnya seperti gambar. Pada jendela Konfirmasi, pilih Copy dan tekan OK!



15. Ubah Fallof Type menjadi Shadow/Light dan atur nilai Shaded/Lit menjadi 50/85.



16. Drag Slot Material ini ke Objek di Viewport.



17. Pada Create > Light > Standard > Target Direct, drag pada viewport Front dan posisikan cahaya seperti gambar dibawah.


18. Di parameter Target Direct Light, aktifkan ceklis Shadow lalu di Rollout Directional Parameter, atur nilai Hotspot/Beam=25, dan Fallof/Field=50.



19. Tekan F9 untuk merender gambar. Proses render mungkin agak lama tergantung Spek Komputer. Taraaaa . . . . . . hasil yang saya dapat seperti ini.



Agan bisa berkreasi dengan material agar hasilnya lebih keren. Mungkin bisa pakai render Engine Mental Ray atau VRay yang lebih Advance.

Just for Share, greeble ini bisa juga digunakan untuk membuat formasi bangunan pada perkotaan. saya pernah lihat di 3DTotal dan hasilnya keren, mirip kota-kota di film dan Game. Anda bisa berkreasi dengan Plugin ini untuk membuat objek yang luar biasa. Ok, Selamat berkarya, dan terimakasih atas kunjungannya . semoga bermanfaat

sumber
Previous
Next Post »

Beri Komentar yang berkualitas gan. ConversionConversion EmoticonEmoticon